Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Sistem Informasi Geografi Gratis yang Penting Diketahui

 Aplikasi Sistem Informasi Geografi Gratis_Sistem informasi geografi (SIG) merupakan sistem yang digunakan untuk menampung, mengolah, serta menganalisis data keruangan, membuat pemantauan terhadap perubahan lingkungan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. SIG bukan sekadar peta, namun bisa digunakan untuk tata guna lahan, pengawasan daerah rawan bencana, bahkan untuk pertahanan negara. Oleh karena itu, berikut adalah aplikasi sistem informasi geografi yang dapat diakses cuma-cuma.

5 Aplikasi Sistem Informasi Geografi Gratis

Lima (5) Aplikasi Sistem Informasi Geografi Gratis

1. gVSIG

Aplikasi pertama yang dapat digunakan secara gratis adalah gVSIG. Aplikasi ini merupakan bagian dari Open Source Geospatial Fundation (OSGeo) yang dapat diakses secara gratis oleh siapapun. gVSIG ini pertama kali diluncurkan tahun 2004 dan kini dapat dioperasikan pada Windows, MacrOS, dan Linux.

Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini pada situs resminya secara gratis. Namun jika tidak ingin melakukan instalasi, gVSIG ini juga dapat diunduh dalam versi portable. Aplikasi ini mudah digunakan dan sangat intuitif, sehingga akan mudah dipelajari oleh user baru, memiliki versi mobile, dan juga fungsi CAD yang sangat baik.

2. QGIS

Berikutnya, aplikasi sistem informasi geografi yang dapat digunakan adalah QGIS (Qauntum GIS). Aplikasi ini dapat dijalankan pada Unix, Mas OSXM Windows, dan Android. Sama seperti gVSIG, aplikasi ini berada dibawah OSGeo dan sifatnya open source, yang berarti siapapun dapat mengakses aplikasi ini secara gratis.

Fitur yang disediakan QGIS ini cukup lengkap, mulai dari membuat, menyunting, mengelola, hingga mengekspor data, sampai melakukan analisis terhadap data secara otomatis. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat peta, bahkan sampai membuat codingnya sendiri dengan bahasa pemrograman Python atau C++.

3. SAGA GIS

SAGA GIS (System for Automated Geoscientific Analyses) merupakan aplikasi sistem informasi geografi lainnya yang dapat digunakan. Aplikasi ini memiliki tampilan 3D yang cantik, tools yang cukup banyak, analisis statistic yang disediakan juga sangat baik, user friendly, dan mampu menginterpretasikan data dengan baik.

Namun demikian, aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan, seperti tidak adanya perbaikan otomatis ketika memasukkan data yang error, serta opsi editingnya yang terbatas, begitu pula dengan opsi cartography-nya. Meski begitu, SAGA GIS ini sering digunakan untuk keperluan SIG karena kelebihannya yang cukup banyak.

4. Whitebox GAT

Aplikasi lain yang dapat digunakan adalah Whitebox GAT. Sifat aplikasi ini yaitu transparan dan ekxtensibel, yang berarti pengguna dapat merancang serta menambahkan sendiri tools yang dibuatnya ke dalam bahasa pemrograman komputer, seperti menggunakan Python maupun NET. Aplikasi ini juga mudah digunakan dan memiliki dokumentasi yang lengkap.

5. GRASS GIS

Aplikasi sistem informasi geografi terakhir yang dapat digunakan adalah GRASS GIS (Geographic Resources Analysis Support System). Aplikasi ini dapat digunakan untuk analisis serta manajemen dari data geospasial, pengolahan gambar, sampai memproduksi peta dan pemodelan spasial.

GRASS GIS ini dapat digunakan dengan mudah dan diakses oleh siapa saja. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan lebih dari 350 modul untuk membuat peta, merangkai vector dan jaringannya, serta mengelola data spasial. Dengan modul-modul yang tersedia, pengguna dapat menganalisis serta mengolah data keruangan dengan mudah.

Dengan demikian, beberapa aplikasi di atas dapat digunakan sebagai aplikasi sistem informasi geografi. Tidak hanya untuk keperluan penelitian, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menentukan lokasi tempat pembuangan sampah, mendeteksi tingkat pencemaran udara, sampai untuk pengembangan potensi wisata. Penggunaannya yang mudah dan aksesnya yang dibuka secara gratis tentunya dapat mempermudah pengguna dalam memakainya. Selamat mencoba.