Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Selamanya

 Cara Agar Baterai HP Awet Banget_Baterai merupakan sebuah benda yang menjadi penyebab bisa menggunakan ponsel. Tanpa adanya baterai, tentu ponsel tidak bisa dihidupkan yang artinya, tanpa baterai, jelas tidak akan ada HP. Maka dari itu, mari pelajari cara membuat baterai HP awet kembali yang tentunya dengan cara yang paling mudah.

Cara Membuat Baterai HP Awet

Nah, dengan adanya alasan di atas, maka di ulasan berikut ini akan dijelaskan cara membuat baterai HP kembali awet. Silakan disimak siapa tahu cara ini bisa diterapkan pada ponsel. Ini dia cara-cara yang dimaksud:

1. Atur Brightness HP pada Mode yang Tidak Terlalu Cerah

Jika ingin memiliki ponsel yang irit baterai, maka coba atur brightness-nya pada mode yang tingkat kecerahannya tidak berlebihan. Minimal, gunakan brightness yang normal atau paling tidak, konten HP masih terlihat dengan jelas.

Sedangkan kalau setting brightness HP pada mode kecerahan sampai 100%, tentu wajar kalau daya baterai tidak tahan lama. Resiko berikutnya, baterai akan hank apabila kapasitasnya tidak terlalu besar, tetapi dipaksa untuk bekerja pada kecerahan ponsel yang begitu tinggi.

2. Jangan Membuka Banyak Aplikasi dalam Waktu Bersamaan

Teknik atau cara membuat baterai HP awet kembali yang tidak boleh dihiraukan adalah tidak membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan alias tidak boleh melakukan kegiatan multitasking. Pasalnya, semakin banyak aplikasi yang terbuka, daya baterai yang disedot juga semakin besar.

Menurut informasi yang beredar, jika terbiasa melakukan multitasking, daya tahan baterai akan mengalami penurunan hingga 60%. Itu artinya, daya mengalami pemborosan yang bisa berujung pada kerusakan baterai. Jika ini sudah kadung terjadi, tentu si pemilik harus segera mempersiapkan budget untuk membeli baterai yang baru.

3. Sekali Waktu Pilih Mode Hemat Daya

Kalau ingin baterai HP irit kembali, coba sekali waktu pilih mode hemat daya pada saat ponsel dinyalakan. Memang, tampilan ponsel tidak secerah dan sejelas menggunakan mode yang lain, tetapi paling tidak, daya baterai tidak mengalami pemborosan.

Akan tetapi, mode ini harus dipilih ketika tidak ada pekerjaan khusus yang perlu diselesaikan via ponsel. Termasuk ketika menghidupkan ponsel di malam hari yang mengharuskan melihatnya dalam keadaan layar lebih cerah daripada ketika ponsel dihidupkan di siang hari.

4. Nonaktifkan Fitur Update Aplikasi

Terkadang, daya baterai boros dikarenakan oleh aktifnya fitur update aplikasi. Maka dari itu, kalau ingin baterai irit kembali, coba nonaktifkan fitur tersebut dan jika butuh update aplikasi, bisa melakukannya secara manual.

Ini merupakan cara termudah yang namun sayangnya masih banyak pemilik ponsel yang mengindahkannya. Sehingga seenaknya saja melakukan update setiap ada permintaan update otomatis, padahal itu bisa membuat daya baterai mengalami pemborosan yang parah.

5. Unduh Aplikasi Penghemat Daya Baterai

Kalau daya baterai sudah irit dan tidak ingin kembali mengalami pemborosan daya, coba unduh aplikasi penghemat daya baterai. Namun, masalahnya sebagian besar aplikasi penghemat daya baterai bisa digunakan untuk ponsel yang sudah selesai di-Root saja.

Jika ponsel untuk pribadi, atau tidak akan dijual kembali, maka tidak mengapa melakukan rooting demi untuk bisa mengunduh aplikasi penghemat daya. Namun, yang bisa melakukannya hanya yang profesional saja, karena proses rooting berpotensi untuk merusak perangkat jika dilakukan dengan salah.

Demikianlah beberapa cara membuat baterai HP awet kembali yang paling mudah. Jadi silakan dicoba, siapa tahu dengan cara-cara di atas baterai HP bisa lebih irit dari sebelumnya dan mampu bertahan lama dalam jangka panjang.