Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Konten Batasan Usia di Youtube Android Paling Cepat

 Sampai sekarang apakah masih ada yang belum tahu cara membuka konten batasan usia di Youtube Android. Beberapa pengguna Youtube Android faktanya memang mengeluhkan tentang ketidaknyamanan saat mengakses aplikasi tersebut. Salah satunya tidak bisa mengakses video yang ditayangkan di sana. Jika ada yang pernah mengalaminya, artinya konten video tersebut dalam mode restricted.

Cara Membuka Konten Batasan Usia di Youtube Android Paling Cepat

Sebagai informasi saja, restricted ini merupakan salah satu layanan dari Youtube untuk memfilter konten di dalamnya, sehingga pengguna bisa menikmati video sesuai dengan usianya masing-masing. Kalau mau menonaktifkan fitur ini, sebenarnya ada caranya. Khusus bagi pengguna Youtube Android, caranya akan dibahas pada penjelasan berikut ini:

Apa Saja Konten Restricted di Youtube?

Fitur restricted ini adalah sebagai alat memfilter konten yang akan dinikmati pengguna Youtube. Seperti yang telah diketahui, jika konten di Youtube itu banyak sekali temanya. Beberapa terbukti kurang cocok dinikmati oleh pengguna di bawah umur, sehingga harus difilter. Berikut konten restricted Youtube yang perlu diketahui:

  • Konten bermuatan dewasa seperti yang mengandung aktivitas 5ek5ual berlebihan.
  • Video menunjukkan kekerasan yaitu memuat adegan baku hantam, memperlihatkan luka-luka, dan lainnya.
  • Tayangan video dengan bahasa vulgar, ini termasuk dalam penggunaan judul, metadata, thumbnail, dan lainnya.
  • Video yang menayangkan promosi atau obat-obatan terlarang yang sangat diawasi peredarannya.

Tayangan-tayangan yang mengandung tema-tema di atas sangat tidak layak untuk ditonton oleh anak di bawah umur. Maka dengan adanya layanan restricted, anak-anak jadi lebih terjamin hanya menonton konten Youtube sesuai umurnya saja seperti hiburan maupun edukasi.

Cara Membuka Konten Batasan Usia di Youtube Android

Setelah membaca ulasan singkat di atas, lalu bagaimana jika ingin menonaktifkan layanan restricted di Youtube Android? Misalkan pengguna memang sudah cukup umur, maka caranya sangat mudah sekali. Pengguna bisa ikuti saja langkah-langkah cara membuka konten batasan usia di Youtube Android di bawah ini:

1. Buka Menu Youtube

Langkah pertama tentu saja buka menu Youtube yang sudah diinstall di Android. Jika terbiasa melihat Youtube lewat browser, ada baiknya mulai sekarang nonton via aplikasi saja. Pengaturan untuk membuka batasan usia akan jadi lebih mudah.

2. Buka Opsi Menu

Setelah berhasil membuka Youtube yang terinstall di Android, silahkan cari opsi menu. Kalau terlalu sulit untuk menemukannya, pengguna bisa melihat bagian kanan atas. Maka dari sana akan terlihat foto profil bukan? Jika sudah berhasil menemukan foto profil, langsung klik saja. Itu adalah ikon menu pada aplikasi Youtube Android.

3. Pilih Setelan

Bila opsi menu atau ikon foto profil sudah diklik, maka akan muncul seperti halaman baru. Isinya banyak opsi yang akan terlihat. Ada chanel pengguna, waktu nonton, Youtube studio, ganti akun, dan lain sebagainya. Hanya saja, kali ini pengguna harus pilih opsi “setelan”. Langsung scroll ke bawah saja. Pasalnya opsi tersebut biasanya terletak di bagian bawah.

4. Pilih “Umum”

Ketika “setelan” sudah di klik, akan muncul halaman baru lagi. Sama seperti sebelumnya, pengguna akan diperlihatkan pada banyak opsi kembali. Kali ini, langsung klik opsi “umum”. Tidak akan terlalu sulit untuk mencarinya karena letaknya ada di bagian atas sendiri.

5. Temukan opsi “mode terbatas” atau “restricted mode”

Nanti, saat opsi “umum” di klik, akan terlihat beberapa menu baru. Pengguna bisa langsung scroll ke bawah hingga melihat menu “restricted mode” atau kalau dalam bahasa Indonesia “mode terbatas”. Jangan diaktifkan mode tersebut dengan menggeser tombol ke kiri. Dengan begitu, Youtube tidak akan memfilter tayangan untuk pengguna.

Itu dia tadi cara membuka konten batasan usia di Youtube Android super mudah. Bagi pengguna ios mungkin caranya tidak jauh beda. Jadi, mulai sekarang sebaiknya tidak perlu bingung lagi. Terutama jika mendapati Youtube tidak bisa menampilkan salah satu kontennya. Ikuti saja langkah-langkah di atas.