Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Lemot, Bisa Lewat 5 Tips Sederhana Ini

 Smartfren merupakan salah satu jaringan yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Tidak mengherankan, biaya penggunaan provider ini terbilang ramah kantong. Namun, dengan banyaknya pengguna tersebut dapat menyebabkan jaringan yang terkadang tidak stabil. Pengguna perlu mengetahui cara mengatasi jaringan smartfren lemot, sehingga bisa menggunakan internet dengan lebih minim gangguan. Agar tidak lagi terganggu dengan lemotnya jaringan, inilah beberapa trik yang bisa dipraktekkan sendiri:

Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Lemot, Bisa Lewat 5 Tips Sederhana Ini

1. Mengganti ke 4G

Bukalah opsi jaringan yang terdapat di bagian pengaturan hp. Solusi ini dapat menjadi pertimbangan pertama dalam mengatasi lemotnya jaringan. Pada umumnya hp sudah memiliki pengaturan bawaan yakni 3G dan 4G. Apabila jaringan masih berada di posisi 3G, Smartfren akan terasa lambat.

Gantilah dengan jaringan 4G only sehingga dapat mendorong hp untuk mencari jaringan 4G yang paling dekat. Hal ini dapat membuat koneksi lebih kencang dari sebelumnya. Cara ini memiliki kekurangan, yaitu baterai yang lebih boros karena bekerja keras mencari sambungan 4G.

2. Memeriksa Fair Use Policy (FUP)

Periksa FUP yang digunakan dalam paket Smartfren. Cara mengatasi jaringan smartfren lemot ini seringkali tidak disadari karena ada salah kaprah, dimana paket Unlimited digunakan tanpa batas karena merasa tidak akan habis. Perlu diketahui bahwa paket ipun memiliki FUP. Bagian ini merupakan batas penggunaan internet wajar yang ditetapkan oleh provider.

Apabila pemakaian internet sudah jauh melebihi FUP, internet masih bisa digunakan namun dengan kecepatan yang diturunkan oleh provider. Meski Unlimited, pengguna juga harus bijak memakai secara wajar, bukan mendownload sampai berpuluh-puluh GB. Keterangan ini biasanya tertera di bawah nama paket, di atas masa berlaku.

3. Menyalakan Ulang Ponsel

Lakukan restart pada hp yang sering mengalami jaringan Smartfren lemot. Meski cara ini tidak langsung terhubung dengan provider internet, nyatanya restart hp cukup efektif dalam mengatasi berbagai masalah. Saat di-restart, hp otomatis mengalami pembersihan memori serta melakukan reset kembali sehingga mengurangi malfungsi seperti jaringan lemot.

Salah satu penyebab jaringan provider terganggu adalah adanya bug yang tidak dapat dideteksi sistem, sehingga restart bisa memperbaiki gangguan tersebut. Biasakan untuk mematikan hp paling tidak seminggu sekali agar hp beristirahat dan dapat membersihkan dirinya dari berbagai gangguan.

4. Mereset Kembali DNS

Pertimbangkan untuk merubah DNS. Cara mengatasi jaringan Smartfren lemot ini dapat dicoba jika opsi lainnya belum juga berhasil. DNS ini memiliki fungsi untuk merubah alamat IP ke domain address. Setiap hp memiliki DNS default yang sudah ada sejak pertama kali menggunakannya. Meski demikian, tidak semua DNS bagus secara keamanan dan stabilitas. Apabila jaringan masih sering lemot, pengguna disarankan untuk mengganti DNS. Ada beberapa rekomendasi DNS yang lebih bagus seperti Cloudflare dan Open DNS.

5. Mengatur APN

Aturlah APN yang berfungsi sebagai penghubung antar jaringan. Melalui APN, kebutuhan jaringan dapat terlaksana dan tanpa adanya APN tidak akan bisa terhubung dengan internet. Langkahnya sederhana, bukalah menu pengaturan kemudian Cellular Network. Pilihlah Access Point Name lalu tekan tanda plus (+) dan isikan data di hp. Name diisi smart1, Number diisi *98# kemudian username serta kata sandi dapat diisi CDMA ataupun WAP.

Itu tadi beberapa cara mengatasi jaringan smartfren lemot agar bisa digunakan dengan lebih lancar. Meski Smartfren belum sebesar provider lain yang menjangkau area luas, provider ini terus mengalami pertumbuhan pengguna sehingga ada peluang besar untuk mengembangkan sayapnya. Apalagi Smartfren telah memiliki nama sebagai provider murah dan berkualitas baik sehingga dapat menjangkau lebih banyak kalangan.