Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung Kenapa Ruang Penyimpanan di HP Penuh Padahal Aplikasi yang Diunduh Sedikit ? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya !

Masalah umum yang sering dihadapi oleh pengguna ponsel yaitu memori ponsel yang penuh. Hal tersebut tentu saja mempersulit pengguna jika akan mengunduh aplikasi lainnya. Lantas, kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit yang diunduhnya ?

Bingung Kenapa Ruang Penyimpanan di HP Penuh Padahal Aplikasi yang Diunduh Sedikit ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya !

Ruang penyimpanan yang penuh tentu saja dapat menghambat pengguna untuk mengunduh serta membuka aplikasi lainnya. Selain itu, kinerja dari sistem pada ponsel pun akan lebih lama dari biasanya, ponsel pun akan menjadi sulit digunakan secara normal. Berikut ini penjelasan singkat tentang penyebab serta cara mengatasi ruang penyimpanan yang mudah penuh :

1. Sisa Data Aplikasi yang Dihapus

Menghapus aplikasi yang sudah jarang dipakai bahkan tak dibutuhkan lagi tentu menjadi solusi untuk menambah ruang kosong pada ruang penyimpanan. Namun, apabila pengguna hanya sekadar menghapus aplikasi begitu saja, biasanya akan masih terdapat sisa dari aplikasi tersebut.

Hal tersebut yang menyebabkan ruang penyimpanan masih terpakai walaupun aplikasi telah dihapus oleh pengguna ponsel. Maka dari itu, pengguna ponsel harus lebih jeli ketika akan menghapus aplikasi. Pastikan untuk menghapus data serta memori pada aplikasi, setelah itu, pengguna bisa menghapus aplikasi.

2. Ukuran Aplikasi

Hanya mengunduh beberapa aplikasi, tapi kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit ? Ini sering terjadi tanpa penggunanya sadari, jika pengguna mengunduh suatu aplikasi, perhatikan ukuran aplikasi yang akan memakan cukup banyak ruang penyimpanan. Apabila 1 aplikasi berukuran cukup besar, tentu saja akan memakan banyak ruang pada ruang penyimpanan.

Aplikasi terkait dengan media sosial biasanya memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga mampu menyita banyak ruang penyimpanan ketika telah diunduh. Sebaiknya unduh aplikasi yang benar-benar diperlukan, atau pengguna bisa menghapus file yang tidak penting maupun memindahkannya ke Google Drive.

3. Aplikasi Bawaan Ponsel

Saat ini telah banyak merek ponsel yang bekerja sama dengan berbagai macam aplikasi ponsel, sehingga banyak aplikasi bawaan. Aplikasi tersebut telah tersedia tanpa pengguna harus mengunduhnya di Google Play Store. Aplikasi bawaan itu pun tentu saja menyita beberapa tempat di dalam ruang penyimpanan, sehingga ruang yang tersedia untuk aplikasi lain semakin sedikit.

Beberapa dari aplikasi bawaan itu pun ada yang bisa dihapus, ada yang hanya bisa dinonaktifkan. Jika aplikasi bawaan itu tidak terpakai dan mampu dihapus, sebaiknya dihapus, untuk menambah luas ruang penyimpanan pada ponsel.

4. Semakin Banyak Berkas

Pengguna yang tidak menggunakan ruang penyimpanan eksternal, tentu saja akan memakai ruang penyimpanan internal untuk menyimpan beragam bentuk berkas. Hal tersebut pun yang dapat menyebabkan ruang penyimpanan menjadi penuh meskipun hanya sedikit aplikasi yang diunduhnya.

Pindahkan beberapa berkas ke komputer atau pun penyimpanan online seperti Google Drive supaya ruang penyimpanan lebih banyak yang kosong. Alternatif lainnya yang bisa dijalankan oleh pengguna tentu saja menggunakan ruang penyimpanan eksternal yang mampu diperoleh secara mudah di toko ponsel.

5. Menumpuknya Cache, Thumbnail, Cadangan

Cache, cadangan maupun thumbnail dari aplikasi tentu saja akan menyita beberapa tempat di dalam ruang penyimpanan. Meskipun hanya sedikit yang terpakai, tetap saja hal tersebut akan mengurangi kapasitas ruang penyimpanan.

Selain itu, hal tersebut akan menghambat jika pengguna ingin mengunduh aplikasi lainnya di Google Play Store. Bersihkan secara berkala cache, thumbnail maupun cadangan pada setiap aplikasi untuk menambah ruang kosong pada ruang penyimpanan.

Terdapat beberapa penyebab kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit diunduhnya. Lebih baik bersihkan hal yang sekiranya tak diperlukan secara berkala. Penggunaan ruang penyimpanan eksternal pun dapat menjadi solusinya. Tetapi, untuk lebih aman, sebaiknya pindahkan secara berkala file penting ke Google Drive.