Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Touchscreen dan LCD HP

 Masih Bingung Apa Perbedaan Touchscreen dan LCD Inilah Penjelasannya!_Saat melakukan reparasi hp yang rusak di tempat servis, masih cukup banyak pengguna yang bingung tentang perbedaan touchscreen dan LCD. Dua hal ini seringkali dianggap serupa, karena memiliki kaitan dengan layar hp. Pengguna seringkali bingung jika harus mengganti layar beserta LCD-nya. Agar mengetahui perbedaan dua komponen tersebut, simak informasi berikut ini:

Perbedaan Touchscreen dan LCD HP

1. Letak Komponen

Perbedaan pertama terletak pada letak kedua komponen ini. Layar sentuh, atau lebih dikenal dengan sebutan touchscreen adalah perangkat dalam alat elektronik yang dapat dikendalikan oleh penggunanya. Bagian ini bersentuhan langsung dengan jari pengguna hp dan bisa diarahkan sesuai keinginan. Jika dulu touchscreen hanya berfungsi dengan alat khusus seperti pen, sekarang pengguna bisa memakai jari saja.

LCD merupakan sebuah komponen yang berada di dalam hp. Layar LCD ini letaknya di dalam, sehingga tentu tidak tersentuh oleh tangan pemiliknya. Pengguna tidak bisa melihat secara langsung bentuk LCD namun bisa merasakan kegunaannya dari gambar pada layar, namun touchscreen sudah pasti dapat dilihat dan disentuh. Layar sentuh berkaitan dengan indera peraba, sedangkan LCD terkait dengan indera penglihatan.

2. Fungsi

Perbedaan touchscreen dan LCD yang paling mudah dimengerti adalah fungsi utamanya. Seperti yang diketahui, touchscreen berfungsi untuk menggerakkan layar sehingga pengguna bisa menggunakan hp sesuai kebutuhan. Fungsi dari LCD adalah menampilkan gambar yang bisa dilihat oleh penggunanya pada layar. Intinya, jika touchscreen rusak maka pengguna tidak bisa menggerakkan layar, sedangkan jika LCD yang rusak pengguna tidak dapat melihat gambar di layar hp-nya.

3. Cara Kerja

Terdapat perbedaan antara cara kerja dari kedua komponen penting di hp ini. Touchscreen dapat bekerja dengan menerjemahkan setiap sentuhan pada layar. Sentuhan ini diterjemahkan menjadi posisi tertentu pada koordinat layar yang sesuai, lalu mengeksekusi perintah agar sesuai bagian yang disentuh.

Pada LCD, prinsip kerjanya adalah melakukan pencahayaan di kristal cair, kemudian menyaring backlight dan direfleksikan dengan sudut yang sesuai. Melalui proses ini, layar hp dapat menampilkan bentuk dan warna yang diperlukan.

4. Struktur Utama

Jika dilihat dari struktur LCD dan touchscreen tentunya berbeda. Pada LCD, ada enam struktur dasar yakni lapisan terpolarisasi 1 dan 2, lapisan kristal cair, elektroda positif serta negatif, hingga backlight (cermin). Pada touchscreen ada tiga komponen utama untuk menjalankan fungsinya yaitu touch sensor, lalu juga ada software driver dan controller. Secara struktur LCD lebih rumit karena bagian ini memiliki tugas untuk mengatur dan menampilkan gambar, warna, kejernihan, pencahayaan, dan sebagainya yang nampak di layar.

5. Keuntungan Pemakaian

Pada touchscreen, keuntungan yang dirasakan pengguna yaitu kemudahan dalam mengakses berbagai hal melalui sentuhan jari saja. Pengguna bisa merasakan kontrol langsung antara dua indera yaitu peraba dan penglihatan. Berkat pemakaian yang relatif mudah, tidak perlu banyak pelatihan untuk mengoperasikannya. Bahkan, sudah banyak layar sentuh yang lebih ramah bagi pengguna lansia.

Keunggulan LCD yakni bisa digunakan melalui tekanan listrik yang lebih rendah dibandingkan plasma. Layar non glossy juga dinilai lebih cocok untuk ruang dengan banyak cahaya, sehingga tidak mudah terpantul. Harga LCD juga relatif dan mudah untuk didapatkan.

Itulah daftar perbedaan touchscreen dan LCD yang perlu diketahui. Meski berbeda, keduanya memiliki kaitan yang sangat erat karena berhubungan langsung dengan pengguna. Sekarang pengguna tidak lagi bingung jika terdapat kerusakan pada layar, karena dapat memahami perbedaan antara keduanya dan memutuskan langkah yang tepat. Jangan ragu juga untuk bertanya di service center untuk penanganan lebih lanjut.