Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu! 5 Pengaruh Layar HP Retak yang Perlu Diwaspadai

 Layar HP yang mengalami keretakan pada beberapa bagian tentu bukan hal asing lagi bagi pengguna alat komunikasi satu ini. Jatuh adalah salah satu sebab yang menjadi faktor utama terjadinya keretakan. Pengaruh layar HP retak tentunya juga akan memiliki akibat yang buruk bagi kenyamanan penggunaan atau bahkan mungkin bisa juga berpengaruh pada kesehatan. 

Wajib Tahu! 5 Pengaruh Layar HP Retak yang Perlu Diwaspadai

Ada sebagian kecil pengguna yang ternyata membiarkan begitu saja layar HP yang retak karena dirasa retakan pada layar tidak terlalu lebar. Alasan lainnya bisa jadi karena mengganti layar LCD HP juga bukan hal yang murah. Padahal keretakan ini bisa saja berakibat fatal entah pada kesehatan atau handphone itu sendiri, lho. Lalu, apa saja sih bahaya dari keretakan layar ini? simak ulasannya berikut: 

1. Bisa Melukai Jari 

Pengaruh layar HP retak yang paling utama tentu saja bisa melukai jari tangan. Hal ini bisa saja terjadi bila ternyata ada keretakan yang lumayan dalam dan tentunya tidak sejajar. Apalagi layar HP yang memang terbuat dari kaca sudah pasti akan memiliki bahan tajam yang dapat melukai.  Beberapa orang mungkin saja menganggap keretakan pada layar ini hanyalah hal sepele sehingga pada akhirnya HP tetap digunakan seperti biasa. Namun, tanpa disadari keretakan kecil pada layar HP juga bisa melukai jari tanpa disadari. 

2. Radiasi 

Benda elektronik seperti handphone, laptop maupun lainnya memang memiliki efek radiasi pada kesehatan mata. Hal ini tentu bukan hal asing lagi dalam pengetahuan manusia modern zaman sekarang. Nah, ternyata efek radiasi yang ditimbulkan bisa jadi akan lebih besar bila HP mengalami keretakan layar.  International Agency for Research on Cancer juga menyatakan bahwa radiasi akan lebih besar dan lebih berbahaya bila layar mengalami keretakan. Hal ini disebabkan karena layar yang retak bisa memancarkan radiasi secara lebih bebas bahkan dua kali lipat. 

3. Mengganggu Penglihatan 

Bukan rahasia lagi kalau terlalu sering memandangi layar handphone bisa mengganggu penglihatan mata. Masalah ini ternyata akan bertambah parah bila layar HP retak. Pengaruh layar HP retak bisa menjadi gangguan serius pada penglihatan karena layar akan tampak terbagi menjadi beberapa bagian dan warna saat digunakan. Tentunya keadaan HP seperti ini bukanlah benda yang nyaman digunakan apalagi bagi penglihatan. Layar tampak blur juga tidak fokus akan membuat mata bekerja lebih keras untuk melihat dan akhirnya membuat mata menjadi lebih lelah. 

4. Kerusakan Parah 

Terjadinya kerusakan parah pada layar handphone tentunya juga bisa menjadi akibat dari HP yang tidak berfungsi. Apabila keretakan pada layar memang sudah parah maka, bisa saja layar yang retak tersebut akan semakin melebar bila terus digunakan. Hal ini tentu saja terjadi karena adanya sentuhan dan tekanan dari jari tangan yang memaksa layar terus bekerja. 

Bisa jadi kerusakan juga akan berakibat pada perangkat dalam pada handphone karena LCD yang dibiarkan menganga. Tanpa sadar celah dari keretakan layar tersebut akan membuat air bahkan debu dapat masuk lebih mudah. Hal inilah yang membuat bagian perangkat dalam HP menjadi rusak. 

5. Layar Sentuh Tidak Berfungsi 

Apabila keretakan pada layar HP memang sudah parah maka, akan lebih baik jika diperbaiki atau diganti. Solusi ini tentu akan masuk akal dilakukan supaya tidak terjadi kerusakan lebih parah. Layar HP yang rusak bisa menjadi masalah besar bila memang keretakan terjadi terlalu parah dan dalam. Layar sentuh yang mengalami penurunan adalah salah satu kerusakan yang bisa saja terjadi. 

Itulah tadi 5 Resiko yang terjadi karena pengaruh layar HP retak. Pengaruh ini tentunya bukan hanya akan membuat kerusakan semakin parah namun, bisa saja berakibat buruk bagi kesehatan. Melakukan perbaikan pada ahlinya tentu adalah solusi terbaik bila ada kendala seperti ini terjadi pada layar HP yang retak.