Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di Kartu Smartfren

 Saat ingin melakukan cek pulsa ataupun kuota dengan memasukkan kode dial, masalah yang dapat dialami pengguna hp adalah muncul pemberitahuan akan tidak validnya kode MMI. Hampir seluruh provider bisa mengalami hal ini, salah satunya Smartfren. Cara mengatasi kode MMI tidak valid di kartu Smartfren cukup sederhana dan tidak memerlukan perlakuan khusus. Langkahnya tidak terlalu berbeda dengan operator lain. Inilah tips yang bisa dicoba:

6 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di Kartu Smartfren

Enam (6) Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di Kartu Smartfren

1. Memastikan Kode Sudah Benar

Periksa apakah kode yang dituliskan sudah benar. Hal ini seringkali luput dari perhatian padahal bisa menjadi penyebab kode MMI-nya tidak terbaca. Kesalahan ini biasanya terjadi akibat salah ketik atau ada kode yang tertinggal, bisa juga kodenya sudah kadaluarsa sehingga tidak dapat diakses lagi.

Biasanya operator rutin melakukan penggantian kode. Misalnya jika dulu *123*7# fungsinya cek kuota, bisa saja saat ini angkanya sudah berubah. Oleh karena itu, sebelum masuk ke cara lainnya sebaiknya pengguna memeriksa apakah kode yang dimasukkan sudah benar dan valid.

2. Menghapus Cache

Masuklah pada menu pengaturan. Pilihlah pada opsi tempat aplikasi berada, biasanya bernama manajemen aplikasi. Selanjutnya tekan aplikasi dengan logo berbentuk telepon. Pilih hapus cache sehingga dapat membuang sampah yang tidak perlu. Cara mengatasi kode MMI tidak valid di kartu Smartfren ini bisa mengurangi bug atau gangguan yang terjadi di sebuah aplikasi, termasuk telepon yang terhubung dengan operator.

3. Mengganti Jaringan

Gantilah jaringan LTE menuju 3G agar kode MMI dapat diakses kembali. Caranya cukup sederhana, masuklah pada menu pengaturan. Kemudian, carilah opsi tempat jaringan seluler berada. Ada muncul beberapa pilihan jaringan seperti 2G, 3G, dan 4G atau yang disebut juga LTE. Ubahlah jaringan yang masih berada pada posisi LTE menjadi 3G dan 2G. Opsi ini bisa memudahkan provider untuk mengakses kode.

4. Restart Hp

Lakukan restart pada hp. Cara mengatasi kode MMI tidak valid di kartu Smartfren ini memang tidak terkait langsung dengan provider, namun opsi ini dinilai efektif dalam memperbaiki kode yang tidak dapat terbaca. Bisa saja sedang terjadi gangguan pada hp sehingga beberapa sistemnya mengalami error salah satunya tidak dapat mengakses operator. Dengan restart, fungsi hp bisa pulih kembali dari bug yang membuat kinerja hp terganggu. Bisa juga melalui cara lain yang serupa, yaitu mematikan hp dan tunggu selama 1 sampai 2 menit, kemudian nyalakan lagi.

5. Memberi Tanda Tambahan

Tambahkanlah tanda plus ataupun koma saat mengetikkan kode yang hendak diakses. Sebagai contoh, jika pengguna ingin mengakses kode *123# maka di belakangnya tambahkan tanda koma. Setelah itu tekan tanda bintang (*) dan tahan hingga beberapa detik. Opsi lainnya adalah memberi tanda plus (+) di depan kodenya. Jika mengetik *123# coba tambahkan (+) di depan angka 1, lalu tekan dan tahan beberapa detik. Cara ini berfungsi untuk menghilangkan pesan kekeliruan yang mungkin terjadi ketika mengakses kode USSD.

6. Mengaktifkan Airplane Mode

Nyalakan mode pesawat. Nyalakan untuk beberapa saat sehingga sinyal hp akan dinonaktifkan. Beberapa saat kemudian matikan airplane mode-nya, maka sinyal akan kembali aktif seperti sediakala. Cara ini cukup efektif untuk menyegarkan jaringan yang sedang bermasalah. Cobalah untuk melakukan cek pulsa kembali, biasanya jaringan sudah bisa berfungsi normal.

Demikian informasi seputar cara mengatasi kode MMI tidak valid di kartu Smartfren. Apabila keenam cara tersebut masih belum berhasil memperbaiki gangguan yang terjadi, disarankan bagi pengguna untuk membiarkannya saja. Bukan tanpa alasan, kode MMI tidak terbaca bisa terjadi karena provider yang memang sedang mengalami hambatan. Tunggu hingga satu atau dua jam dan coba lagi setelahnya.