Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Ini Cara Membuka Blokir Wifi di Android Menggunakan Mac Address

 Wifi di Android adalah salah satu perangkat penting untuk menjelajahi internet. Namun, tentu jaringan Wifi di Android tidak selalu dalam keadaan baik. Terkadang karena terlalu banyak pengguna bisa membuat Wifi menjadi lambat atau bahkan paling parah adalah terblokir. Bila hal seperti ini terjadi tentunya pengguna harus tahu cara membuka blokir Wifi di Android.

Berikut Ini Cara Membuka Blokir Wifi di Android Menggunakan Mac Address

Biasanya bila Wifi pada Android terblokir maka, cara yang harus dilakukan adalah mengubah Mac Address yang terblokir. Aplikasi Terminal Emulator adalah salah satu solusi untuk memperbaiki sistem Wifi Android bila terjadi kendala seperti ini. Namun, sebelum masuk ke tahap cara perbaikan alangkah lebih baik bila memahami sedikit terlebih dahulu tentang Mac Address berikut ini:

Apa Itu Mac Address

Mac Address bisa diartikan sebagai suatu alamat atau identitas fisik pada suatu perangkat. Alamat unik ini dibuat pabrik Network Interface Card kemudian disimpan permanen pada ROM perangkat. Nah, kode unik bernama Mac Address inilah yang penting untuk diketahui bila terjadi pemblokiran pada Wifi Android. Berbeda dengan IP yang sifatnya tidak permanen yang bisa diubah sewaktu-waktu. Mac Address ini bersifat permanen dan akan menjadi masalah bila terjadi pemblokiran pada sistem.

Bila Terjadi kasus seperti ini Mac Address memang bisa diubah namun, pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, satu syarat yang harus dilakukan lagi adalah memastikan bahwa Android sudah melakukan root. Hal ini karena aplikasi seperti Terminal Emulator untuk membantu membuka Mac Address hanyalah untuk Android yang sudah di root.

Bagaimana Cara Membuka Blokir Wifi Menggunakan Mac Address?

Nah, seperti yang telah dibahas diatas bahwa cara membuka blokir wifi di android bisa dilakukan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Terminal Emulator. Aplikasi ini nantinya akan digunakan untuk membuka dan mengubah Mac Address yang telah diblokir oleh jaringan Wifi. Lalu bagaimana cara penggunaan aplikasi ini supaya blokiran Wifi kembali terbuka? Simak ulasannya berikut ini :

1. Download Aplikasi Terminal Emulator

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengguna Android adalah menginstal aplikasi Terminal Emulator yang tersedia secara gratis di Google play store. Silahkan tunggu hingga proses mendownload dan menginstall aplikasi ke Android selesai dilakukan.

2. Ketik Su pada Kotak Dialog

Cara membuka blokir Wifi di Android dengan bantuan Terminal Emulator adalah mengetikkan kata ‘su’ pada jendela Terminal Emulator yang telah terbuka. Nantinya pengguna akan diperlihatkan banyak kode-kode pada kotak dialog. Langkah selanjutnya adalah silakan pilih allow atau grant pada jendela baru yang muncul.

3. Busybox Iplink Show Eth0

Tahap selanjutnya akan muncul jendela baru yang berisi satu kode berikutnya. Silakan ketikkan ‘busybox iplink show eth0’ pada kotak dialog yang kosong tepat disebelah kode tertulis. Namun, apabila nantinya akan muncul peringatan can’t find device maka, silakan ketikkan ‘eth0 menjadi wlan0’. Jangan lupa untuk selalu menekan enter setiap kali selesai mengetikkan kata pada kotak dialog.

4. Ganti ID Mac Address

Nah, pada tahap selanjutnya pengguna hanya perlu mengubah Mac Address sesuai dengan keinginan. Silakan ketikkan terbelih dahulu ‘busybox ifconfig eth0 hw ether xx’ baru kemudian ketik Id Mac Address sesuai dengan keinginan. Tekan enter bila Id sudah dirubah maka, Mac Address secara otomatis sudah berubah dari sebelumnya.

Pengguna juga bisa mengecek terlebih dahulu apakah Mac Address sudah berubah atau belum dengan cara mengetikkan ‘busybox iplink show eth0” atau ‘busybox iplink show wlan0’. Tekan enter bila sudah maka, nantinya akan muncul kode Id Mac Address.

5. Cek Jaringan

Apabila semua proses di atas telah selesai dilakukan maka, selanjutnya pengguna bisa melakukan cek jaringan Wifi Android pada handphone. Silakan pastika apakah cara membuka blokir Wifi di Android menggunakan sistem Mac Address dengan bantuan Terminal Emulator tersebut berhasil atau tidak.

Nah, itulah tadi cara membuka blokir Wifi di Android menggunakan Terminal Emulator yang merupakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pembantu yang tentunya akan memberikan akses lebih mudah kepada pengguna supaya bisa membuka Mac Address dan bisa mengubah Id yang tertera.