Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka File yang Belum Selesai Didownload di Android dengan ZArchiver

 Pengguna smartphone android pasti sangat sering mendownload atau mengunduh file dengan berbagai format dari internet. Pada proses download itu banyak sekali gangguan yang mungkin terjadi. Hal ini bisa menyebabkan file yang di download belum selesai, namun jangan khawatir karena ada cara membuka file yang belum selesai di download di android. Melalui cara ini, para pengguna tidak perlu lagi mendownload ulang file jika belum selesai diunduh.

Cara Membuka File yang Belum Selesai di Download di Android dengan ZArchiver

Cara untuk membuka file yang belum selesai didownload pada smartphone android ini dengan memanfaatkan aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan yang dimaksud adalah aplikasi ZArchiver yang dikembangkan oleh ZDevs. Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang bisa diikuti:

1. Download dan Install Aplikasi ZArchiver

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendownload aplikasi ZArchiver di Play Store. Aplikasi ZArchiver merupakan aplikasi penunjang file manager yang memiliki fitur untuk menemukan file-file yang belum lengkap terunduh. File ini dapat dengan mudah dan diunduh secara gratis di Play Store. Terlebih lagi ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga tidak akan terlalu membebani memori dan kinerja smartphone.

2. Membuka File Manager Melalui ZArchiver

Setelah mengunduh aplikasi ZArchiver, langkah selanjutnya dari cara membuka file yang belum selesai di download di android adalah membuka file manager. Menu file manager memang biasanya sudah tersedia di smartphone android. Namun untuk menemukan file yang belum selesai di download, pengguna perlu membuka file melalui ZArchiver yang sudah di download tadi.

3. Cari File yang Belum Selesai di Download dalam File

Setelah file manager dibuka, cari posisi file yang belum selesai di download. Biasanya file yang belum selesai di download pun akan tetap masuk ke dalam folder download dalam smartphone android. Namun di beberapa kasus, file yang belum selesai di download tidak masuk ke dalam folder download dan malah masuk ke folder lain secara random.

Jika hal itu terjadi, para pengguna bisa mengetikan saja nama filenya di kolom pencarian. File bisa secara otomatis muncul di layar. Cara ini membuat para pengguna tidak perlu mengecek satu per satu folder yang ada di file manager.

4. Ubah Nama dan Format File yang Belum Selesai di Download

File yang belum selesai di download biasanya akan memiliki nama sesuai dengan website tempat file di download. File tersebut juga akan berformat .net sehingga yang perlu dilakukan pengguna selanjutnya hanya merubah nama dan format file sesuai dengan yang diinginkan.

Tekan lama pada file yang belum selesai di download sampai keluar daftar pilihan di layar. Kemudian pilih ‘Ubah Nama’ atau ‘Rename’. Ubah nama file menjadi nama yang lebih sesuai dan lebih mudah untuk ditemukan selanjutnya. Format file bisa disesuaikan dengan jenis file tersebut, jika pengguna mendownload file video lebih baik diberi format .mp4.

Jika file data lebih baik jika diberi format .pdf dan jika file yang didownload berbentuk foto atau gambar bisa diberi format .jpg atau .png. Pada dasarnya, aplikasi ZArchiver ini sudah mendukung untuk perubahan berbagai format file sehingga para pengguna tidak perlu khawatir.

5. Buka File yang Sudah Diubah Formatnya

Setelah proses perubahan format sudah selesai, kini file yang belum selesai di download sudah bisa dibuka. Pengguna bisa membuka file dan mengecek sekali lagi apa file yang terdownload sudah lengkap apa belum. Karena file sendiri pada dasarnya belum selesai di download sehingga mungkin saja ada beberapa bagian yang kurang atau hilang. Namun ada kalanya file sebenarnya sudah selesai terdownload secara lengkap.

Itulah cara membuka file yang belum selesai di download di android. Sekarang para pengguna tidak perlu khawatir lagi jika ada file penting yang belum terdownload. Karena file tersebut masih bisa diselamatkan dan dibuka lagi.