Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka File ZIP di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

 Format Rar maupun ZIP sangat identik dengan software WinRar yang terpasang di perangkat komputer maupun laptop. Banyak orang yang menduga bahwa format file ini hanya bisa dibuka dengan perangkat komputer atau laptop saja. Padahal ada banyak cara membuka file ZIP di Android bahkan hal ini bisa dilakukan tanpa perlu aplikasi tambahan.

Cara Membuka File ZIP di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

File berformat ZIP memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat luas dan sering digunakan untuk mempermudah aktivitas. Aktivitas yang dimaksud seperti dalam memindahkan maupun menyimpan data. Untuk lebih meningkatkan kemudahan menggunakan file ZIP, berikut ini langkah membuka file ZIP di android tanpa aplikasi.

1. Pastikan Letak File ZIP dan File Tujuan untuk Mengekstraknya

Berbeda dengan komputer atau perangkat laptop yang lebih mudah navigasi file managernya. File dalam smartphone kadang sulit untuk dinavigasi sehingga file kadang masuk ke folder yang tidak diinginkan. Karena kemungkinan besar akan sulit untuk mencari file setelah mengekstraksinya dari file ZIP.

Pastikan untuk letak file ZIP dan file tujuan file yang sudah diekstraksi nantinya. Pengguna bisa membuat folder baru dan memasukan file ZIP ke dalamnya. Folder baru tersebut juga sekaligus menjadi folder tujuan file yang sudah diekstraksi sehingga akan lebih mudah menemukan file.

2. Ekstrak File ZIP

Cara membuka file ZIP di Android sebenarnya cukup mudah, pengguna tinggal memilih file ZIP tersebut. Kemudian tap atau tekan file agak lama sampai muncul daftar pilihan baru di sebelah file. Beberapa smartphone tampilannya mungkin tidak seperti ini akan muncul tanda centang terlebih dahulu di sebelah file ZIP yang dipilih. Namun cara ini sama saja, di salah satu pilihannya akan ada pilihan ‘UNZIP’.

3. UNZIP File yang Sudah Dipilih

Jika tampilan smartphonenya seperti yang pertama yaitu muncul daftar pilihan baru di sebelah file ZIP yang sudah dipilih. Maka pengguna tinggal mencari pilihan ‘UNZIP’ di antara daftar pilihan yang baru muncul. Namun jika tampilan smartphone seperti yang kedua yaitu muncul tanda centang terlebih dahulu di sebelah file ZIP yang dipilih. Maka biasanya pilihan ‘UNZIP’ akan berada di bagian bawah layar di sebelah kiri.

4. Pilih Folder yang Akan Jadi Tujuan Penyimpanan

Selanjutnya akan muncul kotak teks yang meminta pengguna untuk menentukan tujuan folder untuk menyimpan file yang sudah diekstraksi. Pengguna bisa memilih folder baru yang sudah dibuat di awal sebagai tujuan penyimpanan. Ada baiknya pengguna memperhatikan tahap penyimpanan file satu ini. Karena jika tidak, ada kemungkinan file akan tersimpan secara random sehingga akan lebih sulit untuk menemukannya setelah diekstraksi.

5. Tekan OK dan Cek Lagi File yang Sudah Diekstrak

Setelah menentukan folder tujuan file dengan tepat, pengguna tinggal menekan tombol ‘OK’ yang ada di bagian bawah kotak teks. Tunggu proses sampai file sudah di ekstraks sepenuhnya. Ada baiknya setelah file diekstrak, pengguna mengecek kembali apa file yang terekstrak sudah lengkap atau belum.

File yang tidak terekstrak sepenuhnya atau terpotong memang sering sekali terjadi pada proses UNZIP melalui smartphone android. Tidak ada salahnya untuk mengecek sekali lagi sembari memastikan posisi folder file yang sudah terekstrak..

Itulah cara membuka file ZIP di Android yang bisa dilakukan pengguna smartphone Android tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Banyak orang yang belum menyadari fitur mengekstrak file ZIP di android. Karena itu banyak orang yang mengira smartphone android memerlukan aplikasi tambahan untuk membuka file ZIP. Namun ternyata aplikasi tambahan untuk membuka file ZIP di android tidak terlalu dibutuhkan.