Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Pada Ponsel Touchscreen

 Jenis HP layar sentuh merupakan jenis dengan pemasaran terbesar di pasar global. Namun tak menutup kemungkinan ponsel berbasis android touchscreen juga mengalami masalah. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah layar yang tidak bisa disentuh. Untuk itu perhatikan ulasan mengenai cara mengatasi layar yang tidak bisa disentuh berikut ini. Sehingga sebelum membawa android ke service center pastikan telah mencoba cara ini:

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Pada Ponsel Touchscreen

1. Me-Restart Ponsel

Cara mengatasi layar tidak bisa disentuh yang paling mudah dilakukan. Tapi cara ini pula cukup praktis sekaligus efektif untuk dipakai pertama kali. Layanan background yang mungkin sedang crash sehingga menyebabkan masalah pada sistem layarnya.

Layar yang hanya tidak bisa disentuh sebagian tinggal menekan tombol power sebentar. Setelah muncul menu perintah lanjutan geser ke atas pada tombol restart. Tapi jika layar diam total cukup dengan menekan tombol power disisi samping Hp agak lama.

2. Bersihkan atau Lepas Layar Screen Protector

Ambilah tisu atau kain bersih Lalu basahi sedikit dan gosokkan pada layar. Gosok secara pelan dan memutar hingga bersih di bagian layar touchscreennya. Cobalah untuk menyentuh layar bila masih macet bisa mencoba melepaskan lapisan pelindung layarnya.

Bersihkan kembali dengan tisu atau kain bersih yang baru. Beri sedikit pijatan dengan menekan ringan bagian layar depan dan belakang layar. Kembali lakukan Cek ulang dengan menyentuh layar. Jika sudah normal belikan serta pasang layar screen protector yang baru.

3. Lepaskan SIM Card

Melepaskan kartu SIM juga termasuk cara mengatasi layar tidak bisa disentuh. Matikan ponsel terlebih dahulu lalu cabut SIM Card serta kartu memori yang dipakai. Hidupkan kembali ponsel kemudian cek layarnya. Jika sudah normal pasang kembali kartu-kartu tersebut. Jangan lupa mematikan ponselnya terlebih dahulu.

4. Masuk ke Mode Safe 

Memakai aplikasi ini memungkinkan penggunaan ponsel dengan software yang kosong. Mode ini juga memungkinkan ponsel tidak menggunakan layanan serta aplikasi yang telah diinstal sebelumnya. Aplikasi ini pula bisa digunakan untuk mengetes apakah Touchscreen sedang bermasalah atau tidak.

Untuk cara pengaktifan aplikasi ini dengan mengikuti langkah berikut. Pertama tekan dan tahan agak lama pada tombol power di Hp. Klik agak lama pada menu power off hingga muncul prompt safe mode. Ketuk layar 2 kali untuk masuk jika ingin keluar lakukan langkah sama tetapi pilih restart.

5. Reset Ulang

Cara mengatasi layar yang tidak bisa disentuh dapat pula dengan mereset ke pengaturan awal pabrik.  Tapi ingat jika ingin mereset HP sebaiknya lakukanlah pencadangan file terlebih dahulu. Ini dikarenakan semua file tersimpan akan menghilang setelah dilakukan Restart.

Lakukan cara ini jika memang sangat mendesak dan cara sebelumnya belum dapat berhasil. Pencadangan File bisa dilakukan setiap saat untuk berjaga-jaga bila suatu saat ponsel yang dipakai berkendala.

6. Ganti Touchscreen

Cara selanjutnya bawalah HP tersebut ke service center terdekat. Lakukanlah jika memang setelah mereset ke pengaturan pabrik Smartphone masih tetap tidak bisa disentuh layarnya. Mintalah pada pegawai untuk menggantikan layar ponsel yang rusak. Mintalah layar bawaan asli Hp agar lebih nyaman dan awet saat dipakai.

Biaya penggantian tergantung pada tipe hp yang dipakai itu sendiri. Tapi jika ingin dan bisa mengatasinya sendiri dapat membeli layar LCD saja dengan harga 300 hingga 500 ribuan lebih. Sedangkan untuk pemasangan pada servis center untuk lebih amannya tunggui proses penggantian.

Itulah cara mengatasi layar yang tidak bisa disentuh jika sewaktu-waktu layar HP bermasalah. Setidaknya tidak perlu khawatir dan terlalu panik untuk membawanya langsung ke  tempat servis. Cara-cara diatas tersebut wajib dipahami untuk berjaga-jaga.