Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Kelemahan HP yang Sudah Ganti LCD

 Lcd merupakan komponen penting di hp yang menunjang penggunanya. Pengguna dapat melihat gambar, video atau apapun melalui lcd hp bila rusak tidak bisa digunakan untuk melihat apapun lagi di layar hp. Kerusakan lcd bisa diganti namun tentu terdapat kelemahan hp yang sudah ganti lcd. Tidak akan sama seperti pada waktu awal penggunaannya sebelum diganti.

Simak Ulasan Kelemahan HP yang Sudah Ganti LCD

Hal pendukung layar terdiri dari layar touchscreen dan lcd dimana touchscreen berfungsi untuk memberikan perintah untuk ponsel. Touchscreen rusak tidak dapat digunakan lagi meski bisa melihat tampilan begitu sebaliknya jika lcd rusak. Rusaknya lcd akan memberikan dampak menghambat aktivitas karena sekarang penggunaan ponsel sangat penting baik untuk sekolah atau bekerja. Berikut ini adalah penjabaran mengenai beberapa kekurangan lcd hp yang diganti yaitu:

1. Pencahayaan Layar Akan Berkurang

Pencahayaan layar akan berkurang karena terkena dampak dari kelemahan hp yang sudah ganti lcd. Ini terjadi karena lcd baru masih harus menyesuaikan dengan komponen yang ada di ponsel sehingga tidak bisa beroperasi semaksimal sebelumnya. Memang setiap perbaikan komponen ponsel sudah disesuaikan dengan tipe ponsel tapi tetap membutuhkan penyesuaian agar berjalan dengan baik.

2. Touchscreen Bisa Mengalami Error

Touchscreen bisa mengalami eror apabila dilakukan penggantian lcd ponsel yang salah dan bisa lebih tipis dari sebelumnya. Ketepatan pemasangan lcd sangat penting untuk menghindari kelemahan hp yang sudah ganti lcd. Pemilihan tukang servis menjadi poin utama, lihat terlebih dahulu rekam jejak pekerjaannya. Minta garansi juga setelah diperbaiki agar bisa mengajukan komplain bila terjadi kerusakan serupa atau ponsel tidak mengalami perubahan sama seperti sebelum diperbaiki.

3. Risiko Cacat

Memperbaiki ponsel sebenarnya harus dihindari lebih baik jangan tapi kalau terlanjur rusak carilah tukang servis hp yang sudah handal. Kehandalan tukang servis akan meminimalisir kelemahan hp yang sudah ganti lcd seperti terjadi kerusakan pada komponen lainnya. Ponsel akan dibongkar tukang servis untuk mengganti lcd rusak dengan lcd baru tentunya komponen lain akan juga ikut dibongkar. Rentan sekali komponen lain ikut rusak meskipun tidak bermaksud merusaknya.

4. Perawatan Ekstra

Perawatan hp yang sudah diganti lcd harus lebih diperhatikan daripada sebelumnya mengalami kerusakan. Biasanya tukang servis mengatakan beberapa hal yang perlu dihindari setelah mengganti lcd dengan yang baru seperti jangan terkena air atau lainnya. Dari segi kantong biasanya yang dikeluarkan juga mahal bahkan untuk mendapatkan lcd ori bisa memakan biasa puluhan, ratusan atau jutaan. Simpan lcd lama jika tidak mengalami masalah serius tujuannya jika lcd baru rusak bisa menggunakan lcd ori yang lama.

5. Boros Daya

Boros daya dapat terjadi setelah penggantian lcd hp. Penggunaan lcd baru terkadang tidak tahan dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan efek samping. Efek samping yang terjadi diantaranya kekuatan daya ponsel akan melemah dan ponsel akan sering mengalami pemborosan daya meskipun tidak sedang digunakan. Aktivitas ponsel biasanya bertahan kurang lebih satu tahun dan dapat berjalan lancar namun setelah itu akan mengalami penurunan beberapa sistem di ponsel.

Itulah kelemahan hp yang sudah ganti lcd, untuk mengantisipasi kerusakan rawat ponsel dengan baik. Masih banyak dampak yang tidak dapat diterka sebelumnya karena bisa terjadi secara tak terduga lebih-lebih software lcd dan ponsel berbeda.

Tindakan mencegah lebih baik dilakukan sedari awal sebelum kerusakan terjadi karena untuk beberapa kompetisi sulit ditemukan. Akhirnya ponsel akan tergelak tidak berguna karena kerusakan lcd termasuk fatal sehingga tidak bisa digunakan lagi.