Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Iklan di Layar HP Android Agar Tidak Lagi Mengganggu

 Aktivitas masyarakat di era modern seperti sekarang cukup banyak dihabiskan di depan layar. Hp bukan lagi menjadi barang sekunder, melainkan primer. Saat menggunakan hp, salah satu gangguan yang umum terjadi adalah kemunculan iklan. Tidak perlu gusar, ada cara menghilangkan iklan di layar hp yang dapat dicoba sehingga tidak lagi mengganggu. 

Cara Menghilangkan Iklan di Layar Hp Android Agar Tidak Lagi Mengganggu

Berikut beberapa solusi untuk “mengusir” iklan yang kerap kali hadir pada layar hp:

1. Menghapus Aplikasi

Kunjungi Play Store, lalu bukalah daftar aplikasi yang dimiliki. Tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi merupakan sumber yang banyak memunculkan iklan. Bukalah “Koleksi” dan lakukan sorting berdasarkan file terbaru, sesudah itu akan ditampilkan aplikasi yang memberikan dampak buruk bagi sistem (contoh: terlalu banyak iklan, bug, dan sebagainya).

Bukalah pengaturan, kemudian tekan “Aplikasi” dan carilah mana aplikasi yang terdeteksi “berbahaya” untuk hp tadi. Hapus aplikasi tersebut, lalu matikan hp untuk beberapa saat. Nyalakan ulang hp, lalu pastikan bahwa aplikasinya sudah tidak ada.

2. NoRoot Firewall

Download NoRoot Firewall yang bisa didapatkan melalui Play Store. Ukurannya kecil, hanya 2.1 MB dan jumlah unduhannya telah mencapai lima juta pengguna. NoRoot bermanfaat untuk mengurangi kemunculan iklan. Cara menghilangkan iklan di layar hp memakai aplikasi ini tidaklah rumit.

Setelah berhasil diinstal segera buka aplikasinya lalu akan muncul daftar aplikasi dalam hp. Klik pada aplikasi mana yang hendak diblokir iklannya menekan tanda centang. Simpan pengaturan, maka iklan sudah dihilangkan dari daftar aplikasi yang dipilih.

3. Google Chrome

Bukalah Google Chrome. Pengguna dapat melakukan pemblokiran iklan yang seringkali muncul tanpa memakai root. Carilah ikon berbentuk tiga titik yang terdapat di halaman utama, lalu bukalah menu pengaturannya (Settings). Tekan “Site Settings”, lanjutkan dengan “Pop-up & redirects”.

Pada aplikasi ini pengguna dapat menyalakan fitur pemblokir iklan secara otomatis. Tekan “Ads” sehingga dapat menghilangkan iklan dari situs tertentu. Jika statusnya telah berubah status menjadi “blocked” berarti iklan sudah bisa terblokir. Lakukan cara yang sama di situs lain sesuai keinginan.

4. AdAway

Unduh aplikasi bernama AdAway yang bisa didapatkan melalui F-Droid. AdAway merupakan salah satu apps Android yang telah di root. Dalam aplikasi AdAway, iklan bisa dialihkan ke tempat berbeda sehingga kemunculannya akan berkurang jauh di aplikasi ataupun browser. Cara menghilangkan iklan di layar hp memakai AdAway ini dimulai dengan membuka aplikasi dan beri akses pada aplikasi dengan memilih “Grant”.

Berikutnya pilih “Download Files” maka pemblokiran akan otomatis dipasang dan setelah berhasil pengguna akan diminta untuk reboot hp. Lakukan reboot, kemudian jalankan ulang browser untuk memastikan apakah iklan sudah tidak muncul.

5. Pemasangan Antivirus

Bukalah Play Store, cari aplikasi antivirus yang bernama Malwarebytes. Sesuai namanya, Malwarebytes berfungsi untuk memblokir iklan serta menghilangkan malware ataupun adware yang tidak sengaja masuk ke dalam sistem. Aplikasi ini hanya berukuran 30 MB dan penggunaannya praktis. Setelah aplikasinya terbuka, tekan opsi di sebelah kiri, ketuk “Scanner”. Lakukan pemindaian untuk mengurangi bug, iklan, dan gangguan lain yang terdapat dalam aplikasi serta sistem hp.

6. AdClear

Lakukan instalasi AdClear. Aplikasinya berfungsi sebagai pemblokir iklan, baik di aplikasi ataupun browser pengguna. AdClear berukuran 17 MB dan penggunaannya sederhana. Setelah berhasil download melalui Play Store, tekan pada tombol power. Tulisan VPN akan muncul, lalu klik “Ok”. Setelah menjalankan ini, fitur pemblokir iklan sudah berjalan dan bisa menghentikan kemunculan iklan. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Demikian cara menghilangkan iklan di layar hp yang cukup praktis dan tidak memerlukan perbaikan khusus. Sekarang pengguna bisa menikmati aktivitas pemakaian hp dengan kemunculan iklan yang semakin jarang.