Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Merekatkan LCD HP dengan Double Tape Maupun Lem LCD

 Pada  zaman serba canggih seperti sekarang, hampir semua orang memiliki hp. Kebutuhan yang bertambah tinggi menyebabkan semakin banyak produk ponsel yang menggunakan layar sentuh (touchscreen) untuk memudahkan penggunanya. Kepraktisan tersebut tidak lepas dari risiko, layar sentuh pun bisa mengalami kerusakan pada LCD. Cara merekatkan LCD hp ternyata dapat dikerjakan sendiri jika kerusakannya tidak parah. Inilah dua opsi yang bisa dilakukan:

2 Cara Merekatkan LCD HP dengan Double Tape Maupun Lem LCD

Cara Merekatkan dengan Double Tape

Metode yang pertama adalah memanfaatkan double tape. Langkah ini cukup efisien untuk mengatasi kerusakan ringan pada LCD tanpa perlu membawanya ke jasa servis. Kelebihan dari menggunakan metode ini yaitu permukaan kaca yang di lem cenderung lebih rata serta menempel dengan sempurna daripada memakai lem. Inilah langkah yang dibutuhkan:

1. Persiapan

Siapkan isolasi bolak balik (atau disebut juga double tape). Gunakan double tape yang kualitasnya bagus yakni lebih tebal supaya mendapatkan hasil yang lebih tahan lama. Harganya akan lebih mahal daripada yang biasa, namun hal ini efektif mengurangi kemungkinan lepasnya LCD lagi di kemudian hari. Pengguna tidak perlu memperbaiki kerusakan sampai berulang kali.

2. Memasangkan Double Tape

Lakukan penyesuaian terhadap ukuran layar hp. Selanjutnya lingkarkan double tape pada tiap tepi layar hp secara merata. Cara merekatkan LCD hp berikutnya yaitu memotong double tape dengan cutter ataupun alat pemotong lain seperti gunting. Pastikan bahwa semua bagian tepi hp sudah tertutupi sehingga tidak ada bagian yang mudah terlepas dibanding lainnya.

Cara Merekatkan dengan Lem Khusus LCD

Opsi kedua yang dianjurkan adalah memakai lem. Ada lem khusus yang diperuntukkan bagi barang teknologi, salah satunya LCD. Lem yang biasa digunakan adalah T7000 ataupun B7000. Teknisi banyak menggunakan cara ini karena dipandang lebih praktis serta efisien dibandingkan metode isolasi bolak balik.

1. Memilih Lem

Pilihlah lem yang sesuai dengan kebutuhan. Cara merekatkan LCD hp yang pertama ini memerlukan pengetahuan tentang jenis lem agar bisa menentukan pilihannya. Dua jenis lem yang banyak dipilih untuk memasang layar LCD adalah T7000 dan B7000. Kedua lem ini harganya cukup terjangkau, juga memiliki bentuk seperti gel silikon warna bening. Keduanya dapat merekatkan berbagai jenis komponen hp yang biasanya berbahan fiber atau fiberglass.

Lem jenis T7000 dan B7000 memiliki harga yang berbeda, biasanya mulai dari 150 ribu rupiah. Kualitas lem yang lebih baik diiringi dengan harga yang lebih mahal juga. Apabila dirasa terlalu mahal, alternatif lain untuk menggantikan lem tersebut yaitu memakai lem castol. 

Lem ini bersifat serbaguna dan mampu menggantikan lem LCD, namun waktu untuk menunggu keringnya akan lebih lama. Pengguna juga bisa memakai lem kaca untuk aquarium yang strukturnya hampir serupa dengan T7000.

2. Membersihkan Body HP & Memberi Lem

Bersihkanlah body hp dari sisa kotoran lem yang masih menempel. Gunakanlah tisu basah atau kain lap yang sudah diberi sedikit air, tapi jangan sampai terlalu basah. Setelah selesai, oleskan lemnya di sisi pinggir casing yang ada di balik LCD touchscreen. Pastikan bahwa tiap sisinya sudah mendapatkan lem dalam jumlah cukup, tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit.

3. Memasangkan LCD

Tunggu beberapa saat hingga lemnya sedikit layu, setelah itu pasangkan kembali LCD touchscreen dengan hati-hati. Posisikan perlahan agar presisi, kemudian tunggu hingga lemnya mengering. Hal ini bisa membantu touchscreen agar lebih cepat menempel di komponen hp.

Demikianlah cara merekatkan LCD hp dengan memanfaatkan lem. LCD memiliki kaitan yang erat dengan touchscreen sehingga apabila salah satunya rusak pengguna tidak bisa memanfaatkan hp nya secara maksimal.