Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memotong Layar Video dengan Aplikasi atau Situs yang Mudah Digunakan

 Ketika mengunggah video dari platform lain, adakalanya video tersebut tidak sesuai dengan rasio yang dimiliki ponsel pengguna. Ada video yang memiliki ruang hitam di atas, kanan, kiri maupun bawahnya. Untuk itu pengguna bisa menggunakan cara memotong layar video agar hal tersebut dapat diatasi dan bisa mendapatkan ukuran video yang diinginkan.

Cara Memotong Layar Video dengan Aplikasi atau Situs yang Mudah Digunakan

Maka. dengan memotong layar video, pengguna dapat memfokuskan tampilan layar pada point-point penting dalam video. Tanpa adanya ruang hitam pun menjadikan video tersebut lebih jelas dengan ukuran yang pas. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk memotong layar video, diantaranya sebagai berikut:

1. Dapatkan Video dengan Rasio yang Pas Melalui YouCut

Aplikasi pertama yang memungkinkan untuk memotong video adalah YouCut. Aplikasi ini sendiri cukup populer di kalangan pengguna dengan lima bintang yang diperolehnya di Google Play Store. Selain gratis, YouCut tidak pernah menampilkan iklan spanduk apapun ketika aplikasi sedang beroperasi agar penggunanya selalu nyaman dan tidak terganggu.

Fitur pada YouCut menawarkan pengguna untuk memotong video sesuai rasio yang diinginkan. Ada pilihan rasio yang sudah diatur atau bisa pula menyuntingnya sendiri sesuai kebutuhan. Layar yang sudah dipotong juga bisa digabungkan dengan video lain sekaligus di aplikasi ini. Menariknya, tidak ada tanda air yang akan didapatkan ketika video telah selesai disunting.

2. Sunting Video dengan Berbagai Fitur pada VidTrim

Tidak cukup hanya memotong layar video, VidTrim dilengkapi dengan berbagai fasilitas sehingga pengguna tidak memerlukan aplikasi lain untuk menyunting video. Aplikasi editor ini memiliki banyak fitur diantaranya efek pada video, menggabungkan beberapa video, memasukkan bingkai, memotong durasi video, memasukkan musik, mengubah video ke bentuk MP3, dan banyak lagi.

Setelah video selesai disunting, pengguna bisa langsung membagikannya ke platform lain lewat aplikasi. Terdapat pilihan “Share” atau bagikan pada aplikasi dan pengguna bisa memilih beragam icon aplikasi yang tersedia. Dengan begitu, tanpa keluar VidTrim video dengan mudah dapat dibagikan.

3. Crop Video dengan Aplikasi InShot

Cara memotong layar video berikutnya dapat dilakukan dengan aplikasi InShot. Aplikasi ini cukup fleksibel dan mudah digunakan bagi pemula sekalipun. Selain itu, InShot juga dapat digunakan oleh perangkat android maupun iPhone. Pengguna hanya perlu memasangnya pada ponsel lalu cari fitur “Crop” di dalamnya. Rasio yang akan diterapkan pun dapat disesuaikan.

4. Memotong Layar Video melalui Situs InVideo

Tanpa perlu repot mengunduh aplikasi dan menginstalnya, pengguna cukup membuka mesin pencari dan mengetikkan invideo.io. Situs InVideo ini memungkinkan pengguna memotong layar video dan aksi edit lainnya. Sebelum dapat digunakan, pastikan pengguna sudah membuat akun terlebih dahulu agar perintah bisa dijalankan. Buat akun pada laman dan tunggu proses selesai.

Akun yang sudah dibuat dapat digunakan untuk login dan memulai proses pengeditan. Pertama, dalam laman invideo.io buatlah kanvas kosong dengan menekan “Blank Canvas” lalu tekan “Make a Video”. Pada layanan ini pengguna bisa mengunggah video dari perangkat dan memasukkannya ke “Build your Scene”. Potong layar sesuai keinginan dan unduh video yang sudah jadi.

5. Pertahankan Kualitas Video dengan Aplikasi Video Crop

Mengedit video biasanya akan menurunkan kualitas video karena ukurannya menjadi semakin kecil. Lain halnya dengan Video Crop ini yang akan tetap memberikan kualitas yang sama bagusnya antara video yang sudah di crop dan yang belum. Meskipun proses memotong layarnya membutuhkan waktu cukup lama, kualitas video akan sebanding dengan waktu yang mesti ditunggu.

Baik itu aplikasi maupun situs, cara memotong layar video pada dasarnya sama. Menggunakan fitur bernama crop dan menentukan rasio yang diinginkan. Setiap rekomendasi di atas memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing untuk menarik banyak orang agar memakainya.