Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecilkan File Foto di HP dengan Photo Compress and Resize

 Orang-orang biasanya menggunakan perangkat komputer dan software yang ada di dalamnya untuk mengecilkan ukuran foto atau kompress foto. Namun ternyata ada cara mengecilkan file foto di HP yang lebih praktis dan mudah. Zaman sekarang sudah banyak aplikasi yang menawarkan fitur mengecilkan ukuran foto salah satunya adalah Photo Compress and Resize.

Cara Mengecilkan File Foto di HP dengan Photo Compress and Resize

Sekilas Mengenai Aplikasi Photo Compress and Resize

Seperti namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi edit foto namun mengkhususkan fiturnya untuk mengubah ukuran foto dan memperkecil ukuran foto. Keistimewaan aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengubah ukuran foto hingga ke ukuran 200 kb. Bahkan photo compress dan resize bisa membuat ukurannya menjadi lebih kecil lagi.

Selain aplikasi ini dapat di download dan digunakans secara gratis oleh para pengguna. Selain itu cara menggunakannya pun mudah dengan tampilan yang sederhana. Ditambah lagi aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat ringan sehingga tidak akan membebani memori smartphone.

Cara Kompress Foto dengan Aplikasi Photo Compress and Resize

Setelah mengenal sekilas mengenai aplikasi photo compress and resize. Sekarang akan dibahas bagaimana cara menggunakan aplikasi ini untuk mengecilkan ukuran foto. Berikut ini adalah langkah-langkah mudahnya yang bisa diikuti:

1. Download Aplikasi Photo Compress and Resize

Tahap pertama cara mengecilkan file foto di Hp dengan aplikasi photo compress and Resize. Tentu saja, mendownload lebih dulu aplikasinya. Aplikasi satu ini dapat dengan mudah ditemukan di Play Store dan app store lainnya. Download aplikasi hingga penuh kemudian install pada smartphone.

2. Berikan Izin Akses pada Aplikasi

Setelah aplikasi didownload dan diinstal, pengguna bisa membuka aplikasi tersebut. Ketika pertama kali dibuka, aplikasi akan meminta izin akses pada pengguna untuk file-file tertentu. Terutama file-file yang menyimpan data dalam format foto. Berikan perizinan akses yang dibutuhkan agar aplikasi bisa berjalan dengan maksimal.

3. Memilih Foto yang Ingin Diresize

Setelah izin pada file foto diberikan, pengguna bisa membuka galeri dan file foto melalui aplikasi photo compress and resize. Pilihlah foto yang ingin pengguna ubah ukurannya atau ingin diperkecil ukuran filenya. Tekan foto yang dipilih selama beberapa saat sampai tampilan berubah pada sheet pengerjaan.

4. Memilih Ukuran Foto dan Kualitas Resize

Tahap selanjutnya setelah memilih foto adalah memilih ukuran foto dan kualitas foto setelah di resize. Photo Compress and Resize memiliki berbagai pilihan ukuran dan kualitas untuk hasil resize foto pengguna Pengguna tinggal memilih jadi dari varian yang tersedia. Jika pengguna ingin menentukan ukuran dan kualitas foto sendiri. Pengguna tinggal mengetikkan ukuran dan kualitas foto yang diinginkan di kolom teks yang tersedia di bagian bawah.

5. Memulai Proses Mengecilkan File Foto

Setelah foto sudah ditentukan, kualitas dan ukuran foto setelah proses resize juga sudah ditentukan. Pengguna bisa memulai proses mengubah ukuran foto dengan menyentuh tombol ‘Start Compress’ yang ada di bagian bawah layar.

Tunggu prosesnya hingga selesai, biasanya proses kompress ini akan membutuhkan waktu selama beberapa menit. Tergantung besar ukuran foto yang dikompress dan sekecil apa ukuran foto yang diinginkan. Setelah proses selesai, pengguna bisa langsung mengunduh hasil foto yang sudah dikecilkan ukurannya.

Itulah cara mengecilkan file foto dengan menggunakan aplikasi Photo Compress and Resize. Tidak perlu khawatir foto akan jadi blur atau kualitasnya berkurang. Karena Photo Compress and Resize bisa mengurangi ukuran file foto tanpa merusak atau mengurangi kualitas foto tersebut.