Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecilkan Ukuran Video di HP dengan Video Converter

 Proses untuk mengecilkan ukuran video atau kompress video biasanya dilakukan banyak orang dengan perangkat komputer. File dalam format video memang cenderung memiliki ukuran yang besar. Karena itu banyak orang berpikir akan lebih cepat diproses dengan perangkat komputer. Namun ternyata ada cara mengecilkan ukuran video di HP yaitu dengan memanfaatkan aplikasi.

Cara Mengecilkan Ukuran Video di HP dengan Video Converter

Aplikasi yang akan dijelaskan dalam artikel ini adalah aplikasi Video Converter. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi edit video yang menawarkan fitur kompres atau memperkecil ukuran video dan format file lain. Berikut ini sekilas mengenai Video Converter:

Sekilas Mengenai Aplikasi Video Converter

Sesuai dengan yang disebutkan sebelumnya, video converter adalah aplikasi yang menyediakan fungsi edit video. Khususnya dalam memperkecil ukuran atau kompres video. Keistimewaan aplikasi ini dibandingkan aplikasi lainnya adalah kualitas video yang tidak akan berubah. Video converter menjamin kualitas video yang dikompress tidak akan berubah sekalipun ukurannya lebih kecil.

Walaupun nama aplikasinya adalah video converter sebenarnya aplikasi ini tidak hanya bisa memperkecil ukuran video saja. Seperti yang disebutkan sebelumnya, aplikasi ini bisa melakukan kompres untuk format file lain. Contohnya seperti file dalam format Mp3, Mp4, dan berbagai jenis file lainnya.

Memperkecil Ukuran Video dengan Video Converter

Setelah sekilas mengenal aplikasi ini, berikut ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan video converter. Terutama cara memperkecil ukuran video di HP dengan memanfaatkan aplikasi Video Converter. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Download Aplikasi Video Converter

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja pengguna harus memiliki aplikasi video converter pada HPnya. Aplikasi video converter sudah menjadi aplikasi resmi yang dapat mudah ditemukan di Play Store maupun App Store yang lainnya. Download aplikasi video converter kemudian install.

2. Berikan Perizinan yang Dibutuhkan

Ketika pertama kali dibuka, aplikasi video converter akan meminta izin akses pada data-data yang ada di HP pengguna. Terutama akses pada data dengan format video, musik, dan foto. Berikan izin akses tersebut kepada aplikasi. Tidak perlu khawatir karena aplikasi video converter memiliki pengamanan yang cukup kuat. Karena itu aplikasi ini tidak akan mempengaruhi data yang lain apalagi yang tidak ada izin aksesnya.

3. Pilih Jenis File yang akan Dikecilkan Ukurannya

Setelah izin sudah diberikan, itu artinya aplikasi video converter sudah bisa mengakses data dalam HP yang berupa foto, musik, dan video. Karena izin akses sudah diberikan, pengguna bisa memilih file mana yang ingin dikompres atau dikecilkan ukurannya. Apakah file dengan format video, musik, atau foto. Karena di dalam artikel ini yang tengah dibahas adalah video maka pilihlah format file video kemudian melanjutkan prosesnya.

4. Menentukan File yang Ingin Dikompres

Setelah jenis file sudah ditentukan, pengguna tinggal memilih file mana yang akan dikompres ukurannya. Pengguna akan dibawa ke menu penyimpanan video dan pengguna tinggal memilih salah satu file saja. Sebelum proses kompres dimulai selanjutnya adalah menentukan pengaturan file.

5. Menentukan Pengaturan File dan Memulai Proses Kompres

Aplikasi video converter memberikan fitur di mana pengguna bisa mengatur sendiri proses kompres videonya. Bahkan pengguna juga bisa mengatur ukuran video setelah dikompres nanti. Tinggal ganti saja pengaturan ‘Default’ menjadi ‘Manual’. Jika sudah diganti maka pengguna dengan bebas mengisi ukuran file video dalam kotak file.

Setelah pengaturan sudah ditentukan barulah pengguna menekan tombol ‘Start’ yang biasanya ada di bagian bawah. Kemudian proses akan dimulai tunggu beberapa saat sampai akhirnya proses selesai dan video yang sudah dikompres tersimpan.

Itulah cara mengecilkan ukuran video di HP dengan menggunakan aplikasi video converter. Dengan aplikasi ini, pengguna tidak perlu lagi repot-repot membuka laptop atau komputer untuk mengecilkan ukuran video.