Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Perlu Tunggu Lama, Ini 2 Cara Pindah WhatsApp Android ke iPhone

 WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chat dengan pengguna aktif terbanyak di dunia, yakni mencapai hingga satu miliar orang. Selain penggunaannya yang mudah dan adaptif, WhatsApp juga kompatibel di berbagai sistem baik Android maupun iOS. Pengguna yang hendak berganti perangkat terkadang bingung bagaimana cara pindah WhatsApp Android ke iPhone. Hal ini wajar, mengingat keduanya memiliki sistem yang cukup berbeda. Ada dua opsi yang bisa dilakukan, seperti berikut:

Tidak Perlu Tunggu Lama, Ini 2 Cara Pindah WhatsApp Android ke iPhone

Fitur Backup di WhatsApp

Setiap akun WhatsApp dibekali dengan kemampuan untuk melakukan Backup, yaitu menyimpan seluruh data yang dimiliki nomor tersebut. Metode ini merupakan pilihan banyak orang karena tidak memerlukan tambahan aplikasi. Sebelumnya, perlu diingat bahwa akun WhatsApp hanya dapat memakai satu perangkat saja. Apabila WA dari perangkat Android dipindah ke iPhone, maka akun yang berada di Android otomatis dinonaktifkan. Berikut cara memindahkannya:

1. Melakukan Backup Data

Bukalah aplikasi WA yang terdapat di hp Android. Pada halaman utamanya, pilihlah menu bernama “More Options” berupa lambang berbentuk tiga titik yang letaknya di kanan atas. Selanjutnya ketuk menu “Settings”. Cara pindah WhatsApp Android ke iPhone selanjutnya adalah mengakses opsi “Chats”, lanjutkan dengan memilih “Chat Backup”.

Tentukanlah alamat email yang akan digunakan untuk proses mencadangkan data dari akun WhatsApp. Pastikan emailnya aktif dan ingat kata sandinya, sehingga bisa diakses untuk mengambil data. Jika sudah, tekan “Backup”. Tunggulah beberapa saat sampai proses mencadangkan data menuju email selesai dilakukan.

2. Memindahkan ke iPhone

Bukalah hp iPhone, pastikan WhatsApp telah terinstal kemudian jalankan aplikasinya. Seperti biasa, masukkan nomor ponsel yang tadinya dipakai di hp Android. Lakukan verifikasi (biasanya kode yang dikirimkan melalui SMS) kemudian pengguna akan diminta untuk melakukan pemulihan backup data yang sudah disimpan di email tadi. Tunggu sampai proses pemulihan selesai, jangan menghentikannya di tengah karena dapat menyebabkan interupsi. Sekarang seluruh data WhatsApp dari Android telah berhasil dipindahkan dan bisa digunakan di hp iPhone.

Aplikasi Dr.Fone

Opsi kedua dalam cara pindah WhatsApp Android ke iPhone adalah memanfaatkan sebuah aplikasi bernama Dr.Fone. Apps ini sangat direkomendasikan untuk memindahkan data karena mudah digunakan, cepat, dan mendukung pemindahan dari sistem yang berbeda, contohnya Android menjadi iPhone ataupun sebaliknya. Inilah cara melakukannya:

1. Menginstal Aplikasi

Instal Dr.Fone pada komputer, apps ini bisa ditemukan dengan mudah melalui browser. Sesudah instalasi berhasil, bukalah aplikasinya. Pada halaman utama, ketuk pilihan “WhatsApp Transfer”. Kemudian lanjutkan dengan memilih WhatsApp dan tekan “Transfer WhatsApp Messages”. Sambungkanlah kedua perangkat yang terlibat, yaitu hp Android dan iPhone ke komputer. Begitu keduanya telah terhubung dan bisa dideteksi, aplikasi akan menampilkan nama jenis hp Android maupun iPhone-nya.

2. Transfer Data

Tekan “Transfer” setelah kedua perangkat terdeteksi sehingga Dr.Fone bisa memulai proses transfer data dari WA Android menuju iPhone. Durasinya akan tergantung dengan seberapa banyak jumlah pesan yang dimuat dalam WhatsApp tersebut. Apabila prosesnya sudah selesai, angka 100% akan ditampilkan oleh progress bar. Jangan melepas koneksinya sebelum angka tersebut muncul. Tekan “Ok”, maka proses pemindahan sudah berhasil.

Demikianlah dua cara pindah WhatsApp Android ke iPhone dengan mudah, yaitu melalui fitur Back Up atau memakai bantuan aplikasi Dr.Fone. Pemindahannya bisa dilakukan dengan cepat dan tidak membutuhkan keterampilan khusus. Sekarang pengguna tidak perlu bingung bagaimana jika data yang ada di Android ingin dipindahkan ke iPhone yang memiliki sistem serta pengaturan berbeda.